Thursday, April 17, 2014

Basic safety Culture

   Saya bekerja pada perusahaan multinasional yang berlokasi di Yogyakarta & Klaten, pada tahun 2008 pertama kali saya bergelut dibidang HSE. Sungguh merupakan dunia baru bagi saya dimana basic saya adalah Teknik Lingkungan tapi saya harus bekerja di bidang lain dimana pekerjaan itu harus saya jalankan.
     Serasa hampa dan membingungkan saya harus berbuat apa, satu demi satu saya pelajari bagaimana menjadi professional di bidang HSE. Saya memulai karir saya sebagai safety inspector, banyak suka duka saat itu, dari dimarahi orang sampai memarahi orang, dari dibenci orang sampai di sanjung orang.
     Kondisi yang sangat tidak mencerminkan budaya safety saya lalau kurang lebih 2 Tahun. Bisa kita bayangkan bagaimana perusahaan yang tidak memperdulikan safety, pasti dari level Top management sampai staff tidak akan pernah memperdulikan safety. Safety hanya sebagai lips service belaka, pada suatu ketika kami di audit oleh holding company, ternyata memang benar bahwa hasil Audit menunjukan kami memiliki level budaya safety yang paling bawah yaitu Basic Instinct, ibarat ketika kita berada dalam perusahaan tersebut pasti celaka.
     Kira-kira yang bisa mengambarkan bahwa perusahaan yang memiliki level basic adalah sebagai berikut :
1. Top manajement tidak komitment dalam hal safety, keseharaiannya hanyalah target produksi yang ingin dicapai. Dia tidak pernah memikirkan bagaiamana nasib karyawan, mau celaka, mau sakit akibat kerja diangap resiko pekerjaan.
2. Level dibawahnya lagi baik Manager atau Supervisor pun malas bicara safety, bahkan mereka cenderung cuek dan menggangap safety sangat tidak penting. Mereka menganngap bahwa safety bikin ribet serta nambahi kerjaan
3. Para karyawan tidak respect terhadap aturan
4. Pakai APD saja kalau dia anggap penting, dan bahkan mereka jarang menggunakan APD saat melakukan pekerjaan
5. Punya SMK3 namun hanya alakadarnya saja, hanya di update saat akan audit..
6. dan masih banyak lagi…….


  Demikianlah penggambaran perusahaan yang masih memiliki predikat level basic instinc

No comments:

Post a Comment