Monday, February 24, 2014

MENGANTUK BISA BERAKIBAT FATAL


by dr.Lelitasari,MKK

Beberapa waktu yang lalu kita dikejutkan dengan berita meninggalnya seorang ustad terkenal akibat kecelakaan lalu lintas tunggal . Kejadiannya sekitar jam 1 dini hari. Beberapa peristiwa kecelakaan lalu lintas sebelum dan sesudah peristiwa tsb juga terjadi  pada dini hari. Mobil nyemplung di kolam bundaran HI, mobil nabrak di Serpong, dll. Jika kita tarik benang merahnya semua kasus-kasus kecelakaan tersebut terjadi disaat orang-orang pada umumnya sedang tidur lelap. Artinya apa ? Pasti ada kaitannya antara kondisi pengemudi dengan terjadinya kecelakaan. Apakah  itu ?
Pernahkah anda mendengar istilah Circadian Rhytm atau Circadian Circle ? Circadian Cycle (Siklus Sirkadian)  adalah perubahan fisik, mental dan perilaku organisme mengikuti perputaran siklus 24 jam, terutama respon terhadap gelap dan terang dilingkungannya. Ditemukan pada hampir semua jenis makhluk hidup, termasuk manusia, binatang, tumbuhan dan berbagai mikroba. Asal kata Sirkadian (Circadian) dari bahasa Latin yang artinya Circa : about , Dies : a day.


Tuhan sudah menciptakan siklus sirkadian pada setiap orang  yang rata-rata hampir sama. Siang hari tubuh kita diatur untuk terjaga dan bekerja atau melakukan aktivitas lainnya, malam hari tubuh kita diatur untuk mengantuk dan tidur. Gambar berikut mengilustrasikan area di otak Suprachiasmatic Nucleus  yang dipengaruhi oleh rangsang cahaya untuk menghasilkan Hormon melatonin yang membuat kita merasa ngantuk.


Perhatikan gambar berikut ini : (Sumber : Wikipedia)

Lihat pada jam 21.00 hormon melatonin mulai dikeluarkan, hormon tersebut memberikan efek mengantuk. Oleh karena itu pada umumnya orang akan mulai merasa mengantuk pada jam-jam tersebut dan mulai tidur. Perhatikan Jam 02.00. dikatakan deepest sleep artinya tidur lagi pulas-pulasnya, jadi kalau pada jam tersebut seseorang melakukan aktivitas pekerjaan seperti menyetir, mengendarai sepeda motor,mengoperasikan mesin dipabrik atau aktivitas yang lain pasti rasanya ngantuuuuuuuk sekali, karena tubuh sudah di atur untuk tidur. Apakah minum kopi atau minum minuman energi bisa menghilangkan rasa kantuk ? Untuk sesaat bisa, tetapi jam tidur yang hilang tidak bisa digantikan.Tetap harus digantikan dengan tidur.

Belajar dari kasus-kasus yang sudah terjadi sebaiknya jika kita memang akan melakukan pekerjaan di malam hari, entah itu menyetir, mengendari sepeda motor atau kerja shift malam, usahakan siang-sore hari istirahat cukup, sehingga pada malam hari tidak ngantuk berat. Jika pada malam hari saat beraktivitas mulai terasa mengantuk istirahatlah sejenak, tidurlah 10 – 15 menit, jangan paksakan diri, apalagi jika anda mengendarai sepeda motor atau menyetir mobil. Menepilah, cari tempat yang aman seperti mushola atau POM bensin, tidurlah sesaat. Pada saat bangun cucilah muka baru jalan lagi. Tidur sesaat jauh lebih aman dibandingkan dengan minum kopi atau minum minuman berenergi jenis apapun.


Memang benar umur kita di tangan Sang Maha Pencipta, tetapi dengan memahami bahaya dan belajar untuk menghindari dan mencegah terjadinya kecelakaan menurut saya merupakan salah satu cara untuk menghargai kehidupan yang diberikan oleh Sang Pencipta. Termasuk menghargai kehidupan orang lain yang mungkin bisa menjadi korban dari perilaku kita yang tidak aman.

No comments:

Post a Comment