Saturday, September 7, 2013

Job Safety Analysis Merupakan Pilihan Berkualitas Bagi Para Pelaku Bisnis


Dengan melalui proses pengelolaan bahaya di lingkungan kerja, seorang pemimpin perusahaan dapat memperbaharui rencana pelatihan keselataman untuk melindungi setiap pekerja dari ancaman yang membahayakan diri mereka. Job safety analysis (JSA) merupakan cara mengidentifikasi potensi bahaya secara sitematik di tempat kerja.JSA secara signifikan mampu memberikan keuntungan kepada supervisor agar dapat secara cepat mencegah dan menanggulangi bahaya di lingkungan kerja. Melalui proses pengendalian bahaya tersebut, sebuah perusahaan baik dalam sekala mikro atau makro dapat lebih dekat untuk mengembangkan lingkungan kerja yang bebas kecelakaan. Hal tersebut dapat tersebut apabila perusahaan mampu mempromosikan budaya kerja yang aman.
Sebuah perusahaan asal Amerika Serikat, Dolco Packaging menjadi salah satu contoh terbaik mengenai penerapan JSA di lingkungan kerja. Para pekerja di perusahaan berbasis di Lawrenceville, Georgia ini diketahui memiliki budaya keamanan kerja yang cukup baik.
"Para pekerja harus lebih sering proaktif dalam mengidentifikasi dan menghilangkan bahaya di lingkungan kerja dibandingkan mununggu inspeksi yang dialamatkan kepada mereka," ujar Bill Fulcher, salah seorang perwakilan pemerintah.
Sudah sepatutnya pihak perusahaan secara efektif dan konsisten melakukan monitoring kondisi lingkungan kerja setelah memenuhi standar keamanan. Oleh sebab itu JSA yang berkualitas dapat membantu setiap perusahaan melindungi setiap pekerja melawan sejumlah bahaya dan ancaman kesehatan serta keselamatan mereka.

No comments:

Post a Comment