Sunday, June 9, 2013

MANFAAT KOMUNIKASI DALAM KESEHATAN KESELAMATAN KERJA

Manfaat komunikasi kesehatan keselamatan kerja

Manfaat Komunikasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja baik itu komunikasi secara vertikan maupun horizontal adalah agar terhindar dari kecelakaan dan penyakit kerja sehingga proses produksi dapat dilakukan dengan selamat.
Komunikasi vertikal terjadi secara timbal balik antara penyelia dengan tenaga kerja atau penyelia dengan manajer di atasnya. Komunikasi horizontal adalah komunikasi kesamping antara penyelia atau manajer satuan kerja yang sejajar. Sedang komunikasi silang terjadi secara timbal balik antara manajer pada suatu satuan kerja dengan penyelia pada satuan kerja yang lain. Komunikasi antara Panitia Pembina Keselamatan dan Kesehatan kerja karena bukan unit struktural dengan manajer dalam struktur organisasi bisnis atau dengan tenaga kerja tergolong pada komunikasi silang ini.
Komunikasi keselamatan dan kesehatan kerja dapat menggunakan berbagai meda baik lisan maupun tertulis. Pesan harus mudah diingat oleh penerima. Daya ingat rata-rata melalui berbgai media adalah sebagai berikut:
10% apa yang dibaca,
20% apa yang didengar,
30% apa yang dilihat,
50% apa yang didengar dan dilihat,
70% apa yang dikatakan,
90% apa yang dikatakan dan dikerjakan.
Bagaimaan pesan disampaikan dan diterima dipengaruhi berbagai faktor seperti perbedaan pendidikan dan kecerdasan, gaya belajar (learning style), faktor stress, perbedaan sikap, serta pengaruh bahasa non verbal. Oleh karena itu dalam berkomunikasi perlu diperhatikan:
  • Instruksi atau pesan harus jelas
  • Sesuai dengan tingkat pengetahuan dan pengalaman penerima pesan
  • Tidak memerlukan pertimbangan
  • Ada umpan balik untuk mengetahui tingkat pemahaman
  • Kesesuaian pemikiran, kata dan tindakan pemberi pesan.
Disamping untuk menyampaikan perintah dan pengarahan dalam pelaksanaan pekerjaan, Komunikasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja digunakan untuk mendorong perilaku, sehingga pekerja termotivasi untuk bekerja dengan selamat.

No comments:

Post a Comment